Open top menu
Selasa, 08 April 2014

Malam ini Earth Hour Solo Selebrasi dengan Gelindingkan Bola Sampah 
 
Menjelang selebrasi yang ketiga kalinya diadakan Earth Hour Solo (EH Solo), komunitas relawan berlogo 60+  menyiapkan beberapa penampilan apik yang juga akan dibawakan oleh beberapa komunitas yang ada di kota Solo hari Sabtu 29 Maret 2014.
Acara yang dimulai pukul 15.00 sore tersebut rencananya akan dibuka dengan kegiatan bersepeda bersama komunitas-komunitas sepeda yang ada di kota Solo. Tak ketinggalan, komunitas Gerkatin (Gerakan Kesejahteraan untuk Tunarungu Indonesia) Solo, komunitas Oemah Budaya Indonesia (OBI), serta Voca Erudita (VE) Universitas Sebelas Maret dan Red Batik pun turut memeriahkan selebrasi hari itu.
Bertempat di depan Balaikota Surakarta (jl. Jendreal Sudirman), acara puncak yang akan dimulai pukul 19.00 tersebut juga mendapat dukungan oleh Pemerintah Kota Surakarta dalam pelaksanaannya. Wali Kota Surakarta pun, FX Hadi Rudyatmo menyempatkan hadir dalam kegiatan yang digelar EH Solo Minggu kemarin di CFD.
Rencananya Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Surakarta akan digerakkan untuk mematikan lampu disepanjang jalan Slamet Riyadi, jalan Jendral Sudirman, jalan Ronggowarsito, jalan Urip Sumoharjo, serta jalan Mayor Kuswanto. Tidak lupa ikon kota Solo seperti Area Gladak, Kompleks Balaikota Surakarta dan Pasar Gede pun akan ikut melakukan aksi simbolis “switch off” pada malam itu yang rencananya akan dimulai pada pukul 20.30-21.30.
Tentu bukan hanya menyajikan acara yang seru, pada malam itu pun EH Solo telah mempersiapkan sebuah instalasi apik yang terbuat dari bambu yang nantinya akan dibentuk bola berdiameter sekitar 4m. Instalasi bola bambu tersebut nantinya akan ditutupi dengan sampah plastik makanan ringan dan juga detergen. Tak lupa untuk mempermanis, nantinya instalasi akan dipasangi lampu LED.
Instalasi aktif ini akan digelindingkan pada saat switch off, hal ini dimaksudkan untuk menggambarkan bahwa kita harus menjaga bumi yang semakin lama semakin penuh oleh sampah. Ketika Instalasi tersebut dijalankan kemungkinan sampah-sampah yang membungkus bola tersebut akan terjatuh di jalan,  disitulah para relawan EH Solo akan mengambil sampah-sampah tersebut sebagai pengingat kepada masyarakat luas bahwa kita harus senantiasa menjaga lingkungan kita.SURAKARTA.GO.ID
pakde

Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 komentar