Open top menu
Minggu, 06 Oktober 2013

Pemkot Solo Raih Piala WTN 7 Kali Berturut-turut
Pemerintah Kota Surakarta kembali meraih penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha tahun 2013 kategori kota besar. Selain itu, pemkot juga mendapat bantuan transportasi massal bus dari Kementrian Perhubungan.
Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan kepada Walikota Surakarta FX Hadi Ruyatmo di The Grand Ball Room Flotel Shangri La Surabaya, Kamis (3/10/2013). Selain itu juga menyerahkan bantuan bus kementrian perhubungan tahun 2013.
Bagi Kota Solo, Wahana Tata Nugraha (WTN) merupakan yang ke tujuh kalinya secara berturut turut yang diterima pemkot sejak 2006 sebagai penghargaan Pemerintah Pusat atas atas kemampuan daerah dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan yang tertib, lancar, selamat, aman dan menjamin hak pengguna jalan.
Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan dengan diterimanya piala WTN ini pemkot kedepan terus pelakukan peningkatan dan penertiban terutama di bidang transportasi. Misalnya penataan parkir  yang ada di kota Solo, pengendalian anak sekolah yang menggunakan kendaraan di bawah umur 17 tahun atau belum memiliki SIM, serta mempercepat 9 koridor Batik Solo Trans (BST).
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Surakarta, Yosca Herman Soedrajat menambahkan terdapat 14 item penilaian WTN yang dilakukan langsung tim gabungan dari Kementerian Perhubungan dan Dishubkominfo Jateng antara lain manajemen transportasi, kondisi jalan, rambu-rambu lalu lintas, anggaran transportasi hingga integritas sumber daya manusia. Penilaian dilakukan dengan melakukan pengamatan, pemotretan serta peninjauan di beberapa titik jalan.
Penilaian dibagi menjadi tiga tahap yakni administrasi, praktik pengelolaan lalu lintas di lapangan dan kebijakan lalu lintas. Penilaian tahapan administrasi dilakukan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jateng. Sementara penilaian tahapan lainnya dilakukan langsung oleh tim penilai WTN.
Ada beberapa faktor yang menjadi alasan Pemkot Solo mendapatkan WTN. Faktor tersebut diantaranya sistem manajemen transportasi di Kota Solo yang sudah menerapkan Intelligent Transport System (ITS).
Selain itu kota solo juga sudah menerapkan program keselamatan seperti Zona Selamat sekolah (Zoss), program publik transport, penyediaan rambu yang memudahkan pengguna jalan, serta penerapan boarding pass di terminal tirtonadi. (rdo&bs)seperti dikutip :surakarta.go.id
Pakdesri.
Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 komentar