Open top menu
Rabu, 13 Maret 2013




Mamank SiMbah  dengan Trio Terawang Di  TA TV,selalu Gerr

SIAPA yang tak mengenal Trio Terawang yang setiap hari menghibur pemirsa TA TV dalam acara Nyampur Sari,Opor Ayam,Nyampur Sari Gaul dan Nyampur Sari Mampir,mereka bertiga adalah Tera,Wawin Lawra dan Mamank.Ketiga komedian penghibur pemirsa televise,mulai hari Senin,hingga Sabtu,pada jam l3.00 sampai jam 14.00 wib di TA TV Manteb,baik itu siaran langsung maupun siaran tunda alias rekaman.

Tema tema yang ditampilkan selalu berbeda bikin kocak pemirsa,gelak tawa selalu menyertai disaat Trio Terawang melempar juk juk bernada humor maupun plesetan,mengembangkan isi tema yang diusung dalam acara tersebut.

Untuk mengenal lebih dekat dengan Trio Terawang,kami coba bincang bincang dengan salah satu personil Trio Terawang,yakni Mamank Si Mbah.
Dilahirkan dengan nama asli Maryana,SPd,di Solo,5 Nopember 1980 putra pertama dari dari Ibu Welas,warga Kadipiro Surakarta.Mamank demikian panggilan akrabnya,setelah  diwisuda di UNS dari FKIP tahun 2002 ,bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia di SMP All Islam Solo kemudian pindahdi SMP Muhamadiyah 6 Solo,ketika itu belum berstatus PNS.
Ditemui dirumahnya yang sederhana tepi jalan Sumpah Pemuda Kadipiro Solo.Minggu siang, Mamank ternyata menampilkan wajah polos bersahaja jauh dari kebiasaan ketika manggung di televisi TA TV.
Diungkapkan,dirinya ketika masih kuliah seangkatan dengan Tera di UNS dan Wawin ketika itu di ISI Solo,mempunyai hoby bermain sandiwara  atau teater,jadi sudah akrab bertiga sebelumnya.Ketika masih kecil gemar melihat televise Nasional dengan cerita CHIP ,itu Polisi Amerika  bertugas Patroli dijalan Raya California Amerika Serikat,dengan menampilkan tokoh Erick Estrada sehingga bercita cita menjadi Polisi Lalulintas.
 Entah mengapa dalam perjalan hidupnya.Mamank ternyata lebih cocok memilih
menjadi comedian di televise,sekaligus menghibur pemirsa teve.Pengagum tokoh Jendral Sudirman ungkap Mamank menambahkan,sewaku ketemu bertiga di TATV dipertemukan oleh
produser,sehingga terbentuk Trio Terawang (Tera- Wawin dan Mamank) yang muncul dilayar kaca  hampir setiap hari kecuali Minggu,diprogram Nyampur Sari,Nyampur Sari Mampir,Opor Ayam serta Nyampur Sari Gaul.
Mamank memang pernah mempunyai pengangalam di teve local dan nasional,diprogram acara komedian   jadi nyambung bagi Mamank sebagai penggagas ide cerita ,tema yang akan diangkat
sebagai kerangka acuan bertiga main komedian di TA TV. Tak mengherankan Mamank selalu memerankan tokoh mBah,Tera sebaga anak dan Wawin sebagai wanita.
Ide cerita dapat dari suratkabar  dan elektronika serta masyarakat lingkungan,seperti mengangkat cerita kawin4 hari seperti yang diramaikan dimedia Bupati Garut Aceng,dan Sunat nekad adalah menangkap fenomena yang ada dimayarakat,ketika banyak yayasan badan amal menyelenggarakan sunatan massal dimusim libura sekolah.
Selama bermain komedian mengisi program Nyampur Sari,ada yang paling berkesan mendalam sewaktu melakukan siaran tunda rekaman Nyampur Sari Mampir,yang diluar studio teve dan kebanyakan dilakukan di tengah kerumuan pemirsa di Pasar-  pasar tradisional.
Menurut penuturan Mamank,para penggemar Nyampur Sari Mampir dipasar tradisional,ketika Trio Terawang rekaman disuatu pasar tradisional  pasti dielukan,dicubit bahkan sampai mencoba memeluk saking gemesnya.Ketemu langsung penggemar bisa ngobrol,kadang juga diberi sesuatu makanan,sebaliknya dari Trio Terawang memberikan sesuatu kenangan ala kadarnya,ungkapnya.

Tokoh SimBah yang dibawakan Mamank,tugasnya mengurai persoalan tetapi juga didapati kekonyolan kekonyolan,untungkan Tera dan Wawin dapat mengurai kerangka sebagai acuan setiap tema yang ditampilkan bersama Produser program acara yang dibawakan.
Sebagai penakut binatang Kucing sejak kecil  menjadikan Mamank dibuat lari terbirit birit sewaktu rekaman dipasar  tradisional,gara gara Tera danWawin melempar binatang Kucing begitu ada  Kucing melewati tempat sotyng ,ini pengalaman lucu dan menggelikan Mamank.
Rasa syukur Mamank dirasarakan,dalam sehari selalu ada job,diluar program teve dan bila Sabtu dan Minggu,job bisa sampai 4 kali diluar teve,lumayan ucapnya merendah. 
Belum lama ini Mamank mengarungi hidup baru bersama istri tercinta Lucy Heningwardani,SPd,cita citanya mempunya 3 anak,dan komitmen dengan Tera dan Wawin untuk membesarkan komedian kota Solo serta berharap para generasi muda selalui mencintai komedi dan teater.Semoga.
Pakdesri
Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

Posting Lebih Baru
This is the last post.

0 komentar